Self-Assessment dengan Menulis Jurnal?


Dalam melakukan kegiatan Self-assessment terhadap siswa, diperlukan sebuah cara atau metode untuk melakukannya dengan tepat dengan tanpa mengganggu privasi dari seseorang/siswa yang akan dinilai. Ada berbagai cara untuk melakukannya. Salah satu cara atau teknik untukmelakukannya adalah dengan cara menulis jurnal. Ada berbagai alasan mendasar kenapa jurnal digunakan sebagai cara untuk mengetahui
menulis jurnal, merupakan salah satu cara/teknik untuk melakukan self-assessment, dipilih karena hal ini adalah cara yang sederhana. Para siswa telah mengetahui cara melakukan untuk menulis jurnal sejak mereka memulai kelas bahasa; menjadi bahan ajaran untuk mengetahui tingkat ketercapaian dalam bahasa, mereka harus membuat tulisan/karangan yang bagus.

Penilaian itu sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan, memahami, dan mengartikan informasi dengan harapan untuk menentukan keputusan/perlakuan terhadap aktivitas siswa. Ketika di dalam kelas, self-assesment dilakukan untuk mendiagnosa masalah siswa serta melakukan penilaian yangtepat terhadap kegiatan akademik mereka.

Ketika seorang siswa melakukan penilaian diri sendiri, maka mereka melakukannya dengan cara pandang sendiri (Oscarson: 1989). Hal ini karena mereka harus memberanikan diri untuk mengetahhui di mana letak kekurangannya msing-masing. Dengan kata lain, memberanikan siswa untuk melakukan self-monitoring, akan membantu siswa tersebut untuk mengembangkan pengetahuan mereka melalui cara daya kontrol yang sadar atau mengembangkan kepedulian metakognitif tentang ilmu pengetahuan dan pemikiran (Vygotsky dalam Wray: 1994).

Sehingga fungsi dari self-assessment diharapkan akan menjadi bahan refleksi perkembangan mereka sendiri. Refleksi ini yang akan membantu siswa untuk melakukan kontrol yang lebih baik untuk belajar dan bertanggung jawab. Siswa dapat terus menulis dan belajar tentang tujuan (goal), refleksi dari belajar mereka untuk belajar menjadi lebih baik. Dengan kebaikan dan kemudahan dari menulis jurnal, maka hal ini akan membantu dalam mengumpulkan data dalam proses belajar.

0 comments:

Copyright © 2009 - guk sueb - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template