Indonesia Bisa Menjadi Tuan Rumah FIFA Piala Dunia 2022 Jika...(1)


Isu Indonesia menjadi tuan rumah FIFA Piala Dunia 2022 santer dibahas di kalangan para penggila sepak bola di Nusantara. Dari mulai pro kontra apakah Indonesia layak hingga adanya unsur politik di balik “ide” tersebut, karena disampaikan sesaat menjelang Pemilu Legislatif 9 April silam. Dari berbagai polemik itu, yang terpenting bai kita adalah memandang optimis apa yang menjadi harapan kita. Tetapi, kita harus realistis. Sudah siapkah Indonesia menjadi tuan tumah, akan sedikit dibahas dari dua sisi polemik: bola mania dan sosial politik.

Bukan hayalan tatkala presiden AFC sangat bangga dengan bagaimana atmosfer sepak bola Indonesia ketika menjadi host AFC Piala Asia 2007 kemarin. Indonesia bahkan dipercaya menggelar partai puncak antara Irak dan Saudi Arabia. Dari pertandingan Indonesia di Gelora Bung Karno, suporter Indonesia datang memenuhi tribun seakan akan merobohkan stadion berkapasitas besar tersebut—dieluh-eluhkan sebagai salah satu staion sepak bola terbesar di dunia.

Melihat parameter penggila yang besar, bukan tidak mungkin FIFA akan menyetujui Indenesia menjadi tuan rumah Piala Dunia. Namun, yang pasti tidak berhenti di situ. Berbagai aspek di persepakbolaan kita juga harus dibenahi, dari menghilangkan sikap anarkis, primordialisme, hingga bagaimana para penggila tersebut tetap bersatu dalam sepak bola. Sumber daya yang besar adalah modal tersendiri bagi negeri ini untuk menjaid bangsa yang besar pula. Jika para warga Indonesia bisa mempunyai kesadaran itu, maka peluang Indonesia untuk bersua di persepakbolaan internasional akan terbuka.

Bagaimana dengan kesiapan dari aspek infrastruktur penunjang sepak bola di Indonesia?
Akan dibahas dari perspektif sosial politik di postingan selanjutnya di Sosial Politik”....

0 comments:

Copyright © 2009 - guk sueb - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template